Membuat Program Audit

Memulai langkah pertama seringkali kalah cepat dengan angan-angan kita. Di kepala ini sudah terbayang apa saja yang akan menjadi objek pemeriksaan namun untuk memulainya jangan dikira gamapang. Apalagi hal pertama yang harus dibuat adalah membuat suatu konsep dan perencanaan.

Dalam memulai audit atau pekerjaan apapun tentu kita membutuhkan perencanaan, biasanya untuk sebagian orang ini hal yang menjenuhkan. Beruntungnya saya adalah orang yang paling suka dalam hal rencana-merencanakan. Namun jeleknya orang yang suka merencanakan itu kurang kuat dalam implementasinya, karena praktek berbeda dengan teori hehe..

Program audit menjadi penting karena di tempat yang saya baru jalani setengah tahun ini para auditor tidak senang dengan membuat program audit. Mereka lebih senang berimprovisasi dan menangkap objek audit by accident hehe … Ini sebetulnya bagus untuk orang yang sudah berpengalaman dan paham PROGRAM AUDIT! tapi bagi orang yang paham audit tentunya membuat program audit is a must !

Menerapkan filosofi inilah yang tidak mudah bagi saya, karena membutuhkan waktu dan energi untuk menjelaskan kepada mereka. Hal paling mudah adalah memberikan contoh. Saya mencoba untuk membuat tahapan audit dengan rapi, kasusnya adalah audit HRD. Dari mulai kick off meeting, program audit, kertas kerja, hingga laporan audit saya buat dengan indeksing yang jelas dan mudah dibaca oleh siapapun auditornya. Setelah itu saya berikan kegunaan dari cara ini, salah satunya adalah bagaimana handalnya evidance yang rapi dan lengkap ini ketika meeting dengan auditee.

Baiklah, saya mulai dulu ya program auditnya :)

Leave a Reply

